STRESS di kalangan mahasiswa

On Minggu, 26 Desember 2010 0 komentar

Stress sudah merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stress merupakan salah satu reaksi atau respon psikologis manusia saat dihadapkan pada hal-hal yang dirasa sudah melampaui batas atau dianggap sulit untuk dihadapi. Stres membuat seseorang yang mengalaminya berpikir dan berusaha keras dalam menyelesaikan suatu permasalahan atau tantangan dalam hidup. Stress dapat terbagi menjadi dua yaitu stress ringan dan stress berat. Bagi orang yang mengalami stress ringan, biasanya dia hanya akan merasa sering bingung, tidak focus atau sussah dalam berkonsentrasi, lebih sensitive, serta lebih cepat lelah dalam beraktifitas. Sedang untuk orang yang mengalami stress berat, orang tersebut harus segera ditangani oleh ahli kejiwaan untuk dilakukan perwatan-perawatan khusus.

Beberapa penyebab stress yang dialami oleh para mahasiswa :

1. Lingkungan yang baru. Masa kuliah sangat berbeda dengan masa SMA. Disinilah sangat diperlukan adanya suatu adaptasi pada diri seorang mahasiswa. Jika masa SMA merupakan masa dimana istilahnya kita bisa berfoya-foya, bersenag-sengang dengan teman dan menikmati dunia ABG yang sebenarnya, di bangku kuliah itu semua tidak akan didapati. Di bangku kuliah anda akan dituntut untuk selalu aktif dan fokus, jika lalai tidak masuk sehari saja misalnya, anda akan mendapatkan banyak ketertinggalan.
2. Jadwal kuliah yang padat, tidak ada waktu luang sedikitpun, sehari full dengan kuliah. Kuliah itu waktunya tidak pasti, beda halnya dengan sekolah. Kalau sekolah jadwal sudah diatur dari jam 7 sampai jam 2 misalnya, namun kalau kuliah jadwal bisa berubah-ubah tergantung dosen atau tenaga pengajar.
3. Perasaan sedih yang tidak dapat diatasi misalnya sedih karena ditinggal pacar. Mungkin ini merupakan hal yang “GAG BANGET”, namun percaya atau tidak kenyataanya hal ini masih sering terjadi.
4. Kurang percaya diri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari segi fisik maupun mental. Dari segi fisik, seseoang dapat mersa tidak percaya diri ataupun minder misalnya karena dia mempunyai kulit yang hitam atau rambut keriting sedang teman-temannya berambut lurus. Atau bahkan jika dia berada dalam suatu lingkungan kampus yang hamper semuanya mengenakan jilbab, sedang dirinya sendiri belum mengenakan jilbab. Ini dapat menimbulkan ketidakpercayadirian seseorang muncul karena dia merasa berbeda dengan teman-temannya.
5. Terlalu berambisi dalam mencapai cita-cita. Setiap orang pasti mempunyai mimpi dan cita-cita ingin menjadi apa dia kelak. Bermimpi tinggi dan bercita-cita itu boleh, bahkan ada sebuah kata bijak yang berbunyi “bermimpilah maka Tuhan akan memeluk semua mimpimu itu”. Semua orang berhak untuk bermimpi, berusahalah dengan keras untuk meraih semua mimpi itu, masalah gagal atau tidak itu belakangan karena sebenarnya yang terpenting dari sebuah mimpi bukan mimpi yang anda punya namun peran anda dalam mimpi tersebut, proses anda untuk meraih semua mimpi tersebut. Lakukan semuanya dengan hati, jangan dengan ambisi.
PENCEGAHAN PADA DIRI AGAR TIDAK MENGALAMI STRESS :
1. Saat anda merasa sedih atau menderita mungkin cobalah ketahui apa yang menyebabkan perasaan anda seprti itu. Cobalah kenali masalahnya dan selesaikan segera pada hari itu juga. Jangan biarkan waktu anda terbuang hanya karena sebuah kesedihan.
2. Ukur kemampuan atau kapasitas diri anda. Kenali kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri anda. Secara bertahap lakukan perbaikan-perbaikan pada kekurangan diri dengan merencanakan program pada diri anda sendiri, anda ingin berubah seperti apa, kekurangan mana yang anda ingin hilangkan, buat program bagaimana anda merubah diri anda sendiri. Tentukan batas waktunya. Sedang untuk kelebihan atau potensi yang telah anda punya, kembangkanlah potensi-potensi tersebut. Jangan malu untuk memperlihatkan siapa diri anda sebenarnya.
3. Disiplin dalam waktu. Kerjakan tugas secara langsung tanpa menunda-nunda. Misalnya tugas dikerjakan setelah dua hari tugas diberikan. Jangan menunda-nunda tugas, karena jika anda menunda-nunda, esoknya pasti akan bertambah lagi tugas anda dan akan lebih banyak lagi.. Jika anda konsekuen dengan waktu saya yakin, anda tidak akan merasa stress atau tertekan dengan berbagai tugas yang telah diberikan pada anda
4. Berbagi atau bercerita dengan orang lain. Setiap anda mempunyai masalah dan anda merasa anda tidak dapat meyelesaikannya sendiri atau merasa buntu dalam memikirkan jalan keluarnya, cobalah untuk berbagi dengan orang-orang disekitar anda bisa keluarga, sahabat, teman dll. Jangan biarkan diri anda menanggung beban masalah sendiri
5. Sesekali pergilah bersenag-sengan atau rekreasi dengan orang – orang terdekat anda, agar pikiran anda agar pikiran anda lebih fresh sehingga tidak melulu memikirkan kuliah..kuliah dan kuliah
6. Jaga kesehatan anda, istirahatlah yang cukup karena menurut Dale Carnegie istirahat akan membuat seseorang melakukan pekerjaanya dengan optimal. Angkatan Darat Amerika saja disarankan untuk beristirahat selama sepuluh menit setiap merekamelakukan aktifitas.

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Next Post Previous Post
Powered by Blogger